Hai,
Metriks adalah faktor kunci yang membedakan proses marketing Anda dengan yang lain.
Mengukur metriks bisa membantu marketer untuk mengambil keputusan yang lebih objektif daripada mengandalkan feeling.
Di dalam SEO sendiri, Anda membutuhkan metriks untuk menentukan strategi mana yang masih bisa digunakan, dan mana yang tidak bisa.
Tapi berhubung search engine sering mengalami update, terkadang metriks yang harus difokuskan juga ikut berubah.
Berikut 5 metriks dalam SEO yang perlu Anda perhatikan saat ini:
1. Bounce Rate
Jika website Anda punya bounce rate yang tinggi, berarti Anda mengoptimasi kata kunci dan subjek yang salah karena pada dasarnya jika Anda punya 2 atau 3 halaman yang memiliki kata kunci berperingkat tinggi, bounce ratenya rendah sebab orang menemukan informasi yang mereka butuhkan.
2. Traffik organik
Salah satu tujuan dari SEO adalah mendatangkan traffik organik ke website Anda.
Algoritma google yang sekarang membuat konten kata kunci menjadi jauh lebih berpengaruh dibandingkan dulu. Oleh karena itu jika Anda mengukur metriks traffik organik Anda saat ini dan Anda menemukan halaman yang mempunyai traffik organik tinggi, silahkan optimasi kata kunci yang bersangkutan.
3. Conversion rate
Jika tingkat konversi Anda masih rendah, artinya optimasi SEO Anda belum berjalan sepenuhnya. Anda bisa mencoba menaikkan ranking halaman Anda dengan kata kunci yang berbeda. Anda mungkin saja menyasar target audiens yang salah.
4. New Visitor Growth
Optimasi yang benar seharusnya mendatangkan lebih banyak pengunjung website. Metriks ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk mengambil keputusan.
5. Profit
Ujung-ujungnya duit. Ya, jika Anda menjalankan bisnis Anda dengan mengoptimasi SEO, maka metriks ini pastinya tidak boleh Anda abaikan.
Apakah profit perusahaan Anda bertambah setelah Anda meng-hire spesialis SEO untuk perusahaa

No comments: